Jumat, 19 Juni 2009

jawaban mid test pllb lanjutannya ya pak yang no.2 udah duluan


1 ). Peranan lahan basah dalam siklus hidrologis adalah sebagai berikut:

1. Sebagai pengontrol kualitas air, di mana lahan basah sebagai kawasan strategis yang memisahkan ekosistem daratan dengan ekosistem akuatik, sehingga dalam posisinya ini, lahan basah dapat mencegah air larian dari daratan dan menyaring bahan polutan dan sedimen sebelum masuk ke badan air. Fungsi ini didukung oleh vegetasi yang terdapat di kawasan lahan basah yang dapat memfilter substansi kimia tertentu sekaligus mengambil nutrisi dari tanaman mati yang berpotensi menurunkan kualitas air secara dominan pada ekosistem akuatik.

2 Sebagai pengisi air tanah, terutama dijalankan oleh dataran banjir, rawa air tanah, danau, lahan gambut, dan hutan rawa. Peran ini tidak hanya terbatas pada pengisian air tanah saja, tapi juga sekaligus menjadi tempat pelepasan air tanah sebelum menuju ke badan air (sungai permukaan). Antara kedua fungsi ini, perlu adanya keseimbangan dalam mekanismenya.
3.Sebagai habitat ikan dan organisme liar (wildlife). Pada fungsi ini, lahan basah merupakan tempat ideal bagi berkumpulnya berbagai macam hewan (ikan, burung, reptil, dan insekta) dan tumbuhan. Sebagian di antara mereka menjadikan lahan basah sebagai habitat,sebagian lagi menjadikan ini hanya sebagai tempat persinggahan untuk mencari makan. Atas dasar ini, lahan basah telah menajdi bagian penting dalam lingkungan wildlife.
4.Sebagai pengontrol abrasi bibir pantai & tepian sungai, didukung oleh karakter vegetasi lahan basah (seperti bakau, rambai, eceng gondok). Sistem perakarannya dapat memperlambat kelajuan air dan mereduksi energi gelombang, sementara batang & daunnya memperlambat arus air. Pada beberapa tipe lahan basah, walaupun tidak bervegetasi (seperti saluran irigasi), kemiringan alami lahan basah dapat menjadi buffer untuk erosi tepian sungai.

3). Perbedaan antara rawa lebak dan rawa pasang surut adalah sebagai berikut :

1. rawa pasang surut :
# Airnya payau, bahkan pada saat pasang naik, bisa menjadi asin. Tergantung pada letaknya dari laut.
# Letaknya tidak begitu jauh dari laut. Kalaupun agak jauh, masih dihubungkan dengan sungai yang langsung bermuara ke laut.
#Vegetasi yang utama adalah tanaman bakau, nipah (tanaman dengan sistem perakaran yang mampu memecah ombak).
# Ketinggian air yang menggenangi dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

2. rawa lebak (tergenang) :

- Airnya tawar dengan pH normal.
- Biasanya ditumbuhi vegetasi berkayu, juga eceng gondok dan kangkung yang merupakan tanaman dominan.
- Letaknya jauh di daerah hulu, tertutup (tidak terhubung dengan laut) dan umumnya terletak di dareah cekungan.
- Ketinggian air relatif tetap, kecuali pada kondisi musim dengan curah hujan sangat tinggi. Tapi meski ada perubahan, tidaklah signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar