Rabu, 10 Juni 2009

TUGAS
PENGENALAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH

1.Tentukan posisi (titik koordinat) (1) Hudson Bay (2) Mekong River (3) Teluk Tomini (Petunjuk : Cari informasi ketigatempat di atas, cari posisi tersebut menggunakan google earth).




Gambar 1.mekong river.Titik Koordinat Mekong River : 1541’59.72 LU - 10529’24.39 BT.
Gambar 2.Telok tomini.Titik KoordinatTeluk Tomini : 035’35.04 LS - 12055’42.77 BT
href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0pSQt78NNunu8eCW-j35YgsJjgVwsoPeKbz9Y4laMILuqK1ekiM87M7QYAinRWXLdpG6tVB6AfeAxzzPehTDd9-H4_VtSF4nhgHWLy7uGOPeQJ8-8ezioLN4ukQrqlciIhL91thB4ZqI/s1600-h/er.jpg">
Gambar 3. Hudson Bay (Kanada)(1)Titik koordinat Hudson Bay: 5942’28.15 LU - 8438’48.94 BB.

1.Jelaskan perbedaan ketiga lokasi tersebut sebagai kawasan kuala (dilihat dari aspek landscape dan biodiversity)!
Dilihat dari aspek landscapenya untuk kawasan Hudson bay berada di Negara Kanada, di mana seperempat bagian negara ini merupakan daerah lahan basah. Berdasarkan titik koordinatnya pun kita dapat melihat keadaan yang terjadi pada daerah tersebut. Untuk Hudson bay yang terletak pada 5942’28.15 LU - 8438’48.94 BB, dapat kita lihat bahwa daerah ini terletak tidak jauh dari samudera Artik, dan benar saja berdasarkan data dari IHO, sebagian daerah Hudson bay merupakan bagian dari Samudera Artik. Tak heran jika suhu rata-rata untuk daerah ini pertahunnya sekitar -5C hingga -2C, dengan suhu paling panas berkisar 10,5C hingga 11,5C dan suhu yang paling dingin berkisar antara -19C hingga -16C. Setelah kita mengetahui suhu pada daerah tersebut, dari aspek biodiversitas kita dapat melihat apa saja keanekaragaman yang terdapat di daerah tersebut, baik itu flora atau fauna yang dapat hidup pada daerah tersebut. Karena daerah Hudson bay yang dingin, jenis-jenis flora yang hidup sekitar daerah ini adalah sejenis pohon cemara, tamarack, shining willow, bebb willow, serta tumbuhan lainnya yang terdiri atas semak belukar eriacaceous, cottongrass, lumut sphagnum, teh Labrador utara, lapland rosebay, crowberry hitam, arbei, kutub lumut rusa, dan sebangsa lumut karibu. Selain itu di bagian utaranya tedapat tundra tanpa pepohonan, di bagian selatan terdapat taiga. Sedangkan untuk fauna yang dapat hidup di daerah ini baik di sekitar ataupun di dalam Hudson bay itu sendiri di antaranya hewan-hewan yang memiliki bulu yang dapat melindungi dirinya dari dinginnya suhu pada daerah tersebut seperti beruang kutub, musang, serigala, kelinci sepatu salju, kijang ekor putih, rusa besar, biri-biri dan lain-lain. Burung-burung diantaranya seperti burung hantu boreal, elang berekor merah, jalak hitam walet pohon, angsa kanada, angsa salju, Bebek hitam amerika, pintail utara, angsa tundra, belibis bersayap hijau, itik jantan, Bebek hitam burung belibis biru. Selain itu juga terdapat banyak jenis ikan, salah satunya ikan haring danau.Begitu pula untuk sungai Mekong ,berdasarkan aspek landscapenya sungai Mekong terbentang sepanjang Cina-Myanmar-Laos-Thailand-Kamboja hingga Vietnam. Hal tersebut yang membuat sungai Mekong menjadi salah satu sungai utama di dunia, di mana sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke -12 dengan panjang berkisar 4.350-4909 km dan sungai terbesar volume ke-10 dengan luas kawasannya sebesar 795.000 km2. Karena variasi musim yang sangat berbeda dalam aliran dan adanya rapid dan air terjun membuat navigasi sangat sulit. Sedangkan berdasarkan aspek biodiversitasnya, sungai Mekong sudah jelas memiliki beranekaragam kekayaan alam karena alirannya yang menyusuri beberapa negara yang memiliki bermacam-macam musim. Fauna yang ada di daerah tersebut seperti lumba-lumba Irawaddy, buaya Siamese, ikan kucing raksasa, dan beberapa burung seperti sejenis bangau besar dan bangau Sarus.
Seperti yang kita tau teluk Tomini terletak di daerah Sulawesi Utara, di lihat dari aspek landscapenya berdasarkan titik koordinatnya daerah ini merupakan daerah tropis, di mana ada bagian teluk yang dilewati khatulistiwa. Dari aspek biodiversitasnya, flora dan fauna yang ada pada daerah ini tentunya flora dan fauna yang ada pada daerah tropis. Adapun Flora yang hidup pada daerah tropis seperti mangrove, terumbu karang, lamun pantai, nipah dan lain-lain. Sedangkan fauna yang pada daerah seperti ini seperti ikan-ikan endemik (ikan baung, lais dan seluang) yang secara genetik memiliki kesamaan dengan ikan-ikan air tawar pulau Sumatera.

2.Jelaskan produk alami dan jasa atau manfaat dari kuala?
Daerah kuala adalah daerah yang airnya payau, karena kuala merupakan daerah peralihan antara air tawar yaitu air sungai dengan air asin yaitu air laut yang letaknya di kelilingi oleh habitat pesisir. Hal tersebut yang membuat daerah ini, memiliki lingkungan yang menyediakan hara yang banyak sehingga membuat kawasan ini sangat subur dan banyak terdapat produk-produk alami yang dapat dilihat dari banyaknya flora dan fauna yang bermacam-macam yang terdapat di daerah tersebut. Karena daerah ini merupakan pertemuan antara laut dan sungai, sehingga biota yang hidup pada daerah ini adalah biota yang hidup endemik yaitu yang hanya hidup di estuari, biota yang berasal dari laut ataupun perairan tawar. Adapun fauna-fauna yang hidup pada daerah ini seperti Kepiting (Scylia serrata), tiram (Crassostrea cucullata), buaya muara dan banyak ikan komersial merupakan hewan estuari. Udang niaga yang memijah di laut lepas pun membesarkan larvanya di ekosistem ini dengan memanfaatkannya sebagai sumber makanan. Tidak hanya itu, kuala terkadang juga menjadi tempat persinggahan burung-burung yang bermigrasi. Karena kekayaan yang alam itu lah, banyak manfaat yang di dapatkan dari daerah ini, kuala (estuari) tidak hanya menjadi tempat ikan-ikan mencari makan (feeding ground), tempat perkawinan (breeding ground) berbagai jenis ikan, kuala juga menjadi sumber ekonomi bagi nelayan, sehingga kuala juga dijadikan tempat pemukiman bagi warga yag menggantungkan hidupnya dengan kuala tersebut (komunitas pesisir). Selain itu, letak kuala yang strategis, sehingga kuala menjadi media penghubung yang sangat praktis antara daratan dan lautan sehingga kuala banyak digunakan sebagai tempat kapal berlabuh. Tidak dipungkiri dengan berlimpahnya kekayaan alam yang terdapat di kuala, menjadikan daerah kuala salah satu alternatif rekreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar